23 November 2009

outline liputan (fenomena malam kota pelajar)

Tema :
“Fenomena malam kota pelajar”
Yogyakarta, beberapa orang menyebutnya adalah kota yang terkenal akan sejarah dan warisan budayanya. Selain warisan budaya, Yogja memiliki panorama alam yang indah. Yogyakarta tidak akan pernah terlupakan dan terhapus dalam memori bagi setiap orang yang pernah singgah di kota ini setidaknya bagi kami pribadi. Kami memiliki tujuan untuk menimba ilmu di kota yang terkenal dengan berbagai macam julukan seperti Kota pendidikan, Kota Seni dan Budaya, Kota Pelajar, dan Kota Gudeg.
Namun karena perkembangan zaman, predikat kota Yogya sebagai kota pelajar mulai tergantikan, dikarenakan pergaulan yang semakin diluar batas karena di pengaruhi oleh budaya asing. Etika dan norma agama pun semakin memudar seiring berjalan waktu. Hal ini terlihat dengan banyak dibukanya club malam dan antusias remaja sangat tinggi dengan adanya club tersebut dan pergaulan-pergaulan yang mulai edan (sebutan untuk menandai pergaulan sekarang). Semenjak club tersebut ada, malam di Jogja tidak lagi sepi tetapi mulai dipenuhi remaja-remaja yang ingin memenuhi rasa ingin tahu, ingin have fun atau enjoy dan mendapatkan banyak teman.
Bukan hanya club malam saja yang menjadi tempat melepas penat atau mendapat hiburan, café kecil yang ada di seputaran kampus juga merupakan salah satu tempat favorit sebagai referensi bagi mereka untuk dijadikan tempat hang out. Permasalahannya kini pelajar atau mahasiswa tidak lagi fokus belajar sebagaimana mestinya, malah asyik dengan dunia baru mereka yaitu kehidupan malam yang sarat akan perilaku negative. Fenomena ini menjadi salah satu alasan keprihatinan sekaligus mendorong kami untuk menggali lebih dalam tentang geliat malam yang terjadi di kota Yogyakarta.
Objek observasi :
1. Para Clubbers
2. Anak Nongkrong di café(out door)
3. Pelajar Mahasiswa
4. Komunitas Club Mobil
Nara Sumber
1. Clubbers
2. Mahasiswa dan Pelajar
3. G.R.O Club
4. Modifikator
5. Pemilik café
Data yang diperlukan : Hasil wawancara langsung ,hasil observasi, objek foto,
Pembagian Kerja :
Pengamat clubbers dan komunitas club mobil :
1. Fenti Diana
2. Setiawan Yogie H
3. Muhammad Reza
Pengamat anak nongkrong :
1. Nia
2. Okky
Pengamat Mahasiswa dan Pelajar
1. Dessy
2. Hanun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar