07 November 2009

Perkembangan Sepak Bola Indonesia



PSSI  pertama kali dibentuk tahun 1930, yang bertujuan menjadi alat pemersatu bangsa. Sepakbola dari rakyat, dimainkan oleh rakyat, dan berguna untuk rakyat. Cabang bola sepak ini tetap menjadi yang terfavorit bagi masyarakat Indonesia, kendati belum menunjukkan prestasi signifikan hingga saat ini. Sepak bola juga merupakan olahraga terpopuler di seluruh dunia. Hingga saat ini, sepakbola dijadikan sebagai salah satu olahraga yang merakyat.

Sepakbola Indonesia hingga saat ini masih menjadi alat perjuangan bangsa ini menuju ke arah yang lebih baik. Artinya, sepakbola dianggap bukan sebagai olahraga yang berdasarkan bisnis seperti halnya di negara-negara lain, terutama Eropa. Perkembangan sepakbola yang semakin pesat di berbagai negara membuat PSSI harus segera berbenah. Berkiblat kepada induknya, FIFA, PSSI pun mengumpulkan seluruh anggotanya untuk ikut mensahkan pedoman dasar yang sesuai dengan statuta FIFA.

Kita berharap semoga sepakbola Indonesia bisa mengalami perubahan menuju arah lebih baik. Sepakbola Indonesia bisa menjadi industri baru di negara ini untuk kemaslahatan masyarakat, karena merupakan ujung tombak olahraga di Indonesia. Masih banyak terobosan yang akan terus dilakukan.Dahulu banyak negara-negara di Asia yang berguru ke Indonesia, akan tetapi keadaan telah berubah dan prestasinya terus menurun. Dengan kondisi seperti ini, tidak heran bila sepakbola nasional jalan di tempat, bahkan bisa dibilang mengalami kemunduran. Dasar disebutnya kemunduran dilihat dari seretnya prestasi tim nasional di level internasional. Prestasi lolos tiga kali berturut-turut ke Piala Asia sepertinya bakal putus pada tahun ini.

Kendati demikian, Ketua umum PSSI Nurdin Halid, bersikeras bahwa sepakbola sedang mengalami kemajuan, kendati berjalan tersendat-sendat. Nurdin optimis Indonesia kembali akan disegani di kawasan Asia pada masa mendatang. Pasalnya, ilmu pengetahuan [Iptek] dan peningkatan gizi bakal diterapkan di sepakbola nasional.

Kita berharap semoga ke depannya, sepak bola Indonesia segera bangkit dari keterpurukkan. Dan kita juga harus mendukung langkah pemerintah dalam mewujudkan ambisinya dalam menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.
Amien..!


( Mohammad Rezza Adytya : 153070373 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar