11 Januari 2010

Jatuh Bangun Pengusaha Laundry, Deddy Iskandar

Queen Laundry, itulah usaha laundry milik Deddy Iskandar. Pria yang akrab disapa Deddy ini adalah salah satu dari sekian banyak perantau yang berasal dari Pagatan, Kalimantan Selatan. Jauh merantau Deddy berniat untuk menimba ilmu di Yogyakarta. Pria yang masih berstatus mahasiswa di Universitas Ahmad Dahlan ini telah tiga tahun menggeluti usaha laundry. Berawal dari keborosannya me - laundrykan pakaiannya, Deddy berinisiatif untuk membuka usaha cuci - mencuci ini. Hasil dari menjual mobil pribadinya, Deddy mulai merintis usaha laundry. Ia menyewa ruang usaha di perempatan Rejowinangun. Awalnya beberapa teman sempat meragukannya, karena di kawasan tersebut jauh dari institusi pendidikan. Namun Deddy tetap pada keyakinannya. Ia pun menetapkan pasar sasarannya pada rumah tangga. Tanpa diduga, ternyata respons yang didapat sangat positif. Usaha laundry Deddy ramai mendapat " job". Bahkan pernah dalam sehari Queen Laundry mendapat 300 kg cucian per hari. Bahkan Deddy dalam sebulan Deddy bisa mendapat keuntungan bersih mencapai Rp 15.000.000,00 dari usaha laundrynya ini. Seiring berjalan waktu, rival - rival pun mulai berdatangan. Awalnya omset sempat menurun karena kehadiran laundry - laundry baru di sekitar tempat usahanya. Namun itu tak membuat Deddy gentar. Ia menciptakan terobosan baru. Setiap pencucian minimal 5kg, customer mendapat 1 kupon yang bila dikalikan 10 customer mendapat gratis layanan satu kali cuci. Strategi ini cukup ampuh. Pernah rival laundry lainnya menyerang dengan banting harga, awalnya memang cukup berpengaruh bagi usaha Deddy. Namun lagi - lagi ia menciptakan terobosan baru. Dengan bekerja sama dengan Arya Persada Group, Queen Laundry memberikan kupon undian pada setiap customernya berhadiah handphone. Karuan saja hal tersebut kembali menaikkan jumlah customernya. Selain selalu menciptakan inovasi baru, Queen Laundry selalu mengutamakan kualitas pelayanan. Mungkin harga sedikit mahal ketimbang harga yang dipasang rival laundry di sekitarnya, namun kualitas tetap nomer satu.
Queen laundry juga memberikan layanan antar jemput bagi customernya dengan minimal 5 kg cucian. Sehingga customer yang tak sempat mengantar atau mengambil laundry nya dapat menggunakan layanan ini. Tinggal konfirmasi saja pada pihak Queen.
Sampai saat ini Queen Laundry mengalami perkembangan yang cukup pesat. Berkat hasil kerja keras serta kegigihannya Deddy sudah mempunyai 5 agen Queen laundry, yang berlokasi di Papringan, Timoho, Baciro ( dua tempat ), dan Jalan Wonosari. Kelima Agen ini memiliki pusat layanan di Outlet Queen Laundry yang berlokasi di perempatan Rejowinangun.

Nama: Hanun Wuryansari
NIM : 153070255

Tidak ada komentar:

Posting Komentar