11 Januari 2010

BISNISKU ADALAH KEAHLIANKU


Dalam berbisnis memang dibutuhkan keahlian yang tidak berasal dari luar, tetapi berasal dari dalam diri seseorang itu sendiri. Keahlian seseorang merupakan sebuah bakat yang memang dimiliki dari dalam. Walaupun masih menempuh pendidikan jenjang strata 1, Ardan (21) memilih untuk membuka usaha fotografer Pre Wedding hingga dokumentasi suatu acara.


            Ardan adalah seorang mahasiswa UPN ”Veteran” Yogyakata jurusan Ilmu Komunikasi semester 5. Dalam kesehariannya ia merupakan seorang pemuda biasa yang menyukai dunia fotografi. Fotkom 401 (Fotografi Komunikasi 401) adalah sebuah KSM yang disediakan jurusan ilmu komunikasi sebagai kegiatan menambah ilmu dalam dunia fotografi yang diperuntukkan bagi mahasiswa komunikasi UPN. Ardan belajar mengenal kamera semenjak ia mengikuti KSM tersebut. Setelah itu ia mencoba kemampuannya untuk mengikuti lomba Foto Rally Hisfa 2009 di benteng Vedreburg pada 15 Maret. Tanpa disangka-sangka ia mendapatkan gelar juara II dengan menyisihkan peserta yang berjumlah sekitar 200 orang membuat Ardan semakin percaya diri akan keahliannya ini.
Hal tersebut dijadikan Ardan sebagai modal udaha dan semangat untuk berwirausaha fotografi Pre Wedding. Ide tersebut terinspirasi dari beberapa temannya yang juga sudah menekuni usaha dokumentasi acara atau produk. Sehingga ia mulai berani untuk mengambil proyek yang ditawarkan pelanggan untuk pertama kalinya menjadi fotografi Pre wedding setelah menjadi juara II. Tarif yang ditawarkan pun variatif, mulai dari tarif Ekonomi (500-700 ribu), Silver (1-1,5 juta), dan Gold (di atas 2 juta) tergantung permintaan pelangga. Yang membedakan antar tarifnya adalah jumlah foto, lokasi pemotretan, dan kostum yang akan dipakai.
Usaha ini menjadi langkah awal Ardan untuk menunjang cita-citanya sebagai fotografer profesional. Ketika ditanya tentang tidak sinkronnya antara keahlian dan jurusan yang ia ambil dalam kuliah, ia menjawab: ”ya aku pengen mempelajari bidang lain selain bidang yang aku gemari, biar wawasanku bertambah”. Ardan menjelaskan bahwa keahlian tidak harus diasah melalui jurusan atau lembaga yang sesuai tetapi harus dilatih supaya dapat berkembang  dengan baik. Karena selain menambah uang saku, hobby juga dapat tersalur, dan kemampuan pun dapat bermanfaat bagi diri sendiri karena bertambah terampil dan bermanfaat pula bagi orang lain dengan menyediakan jasa fotografer Pre Wedding maupun dokumentasi acara.

Desy Natalianingrum (153070252)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar